Identifikasi dan Asesmen

Asesmen


Asesme adalah suatu proses pengumpulan informasi tentang seorang anak yang akan digunakan untuk membuat pertimbangan dan keputusan yang berhubungan dengan anak tersebut ( Lerner ,1988 :84 ).  Tujuan utama dari suatu  asesmen adalah untuk memperoleh informasi yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam merencanakan program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar.
Menurut Hargrove dan Poteet  (1984 : 1) asesmen merupakan salah satu dari tiga aktivitas evaluasi pendidikan. Ketiga aktivitas  tersebut adalah :
  • ·         Asesmen
  • ·         Diagnostic
  • ·         Prespektif


Menurut Salvia dan Ysseldyke seperti dikutip oleh Lerner  (1988 :54),dalam kaitannya dengan upaya penanggulangan kesulitan belajar ,asesmen dilakukan untuk lima keperluan yaitu
  1.        Penyaringan
  2. .       Pengalihtanganan
  3. .       Klasifikasi
  4. .       Perencanaan pembelajaran
  5. .       Pemantauan anak belajar

Urutan pelaksanaan identifikasi dan asesmen  :
  1. .       Dilakukan evaluasi singkat  yang informal
  2. .       Dari hasil evaluasi anak  di alihtangankan ke seorang ahli,dokter atau psikolog.
  3. .       Dari hasil pemeriksaan  anak diklasifikasikan untuk menentukan apakah mereka memerlukan layanan khusus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar