Asesmen
Asesme adalah suatu proses
pengumpulan informasi tentang seorang anak yang akan digunakan untuk membuat
pertimbangan dan keputusan yang berhubungan dengan anak tersebut ( Lerner ,1988
:84 ). Tujuan utama dari suatu asesmen
adalah untuk memperoleh informasi yang dapat digunakan sebagai bahan
pertimbangan dalam merencanakan program pembelajaran bagi anak berkesulitan
belajar.
Menurut Hargrove dan Poteet (1984 : 1) asesmen merupakan salah satu dari
tiga aktivitas evaluasi pendidikan. Ketiga aktivitas tersebut adalah :
- · Asesmen
- · Diagnostic
- · Prespektif
Menurut Salvia dan Ysseldyke
seperti dikutip oleh Lerner (1988
:54),dalam kaitannya dengan upaya penanggulangan kesulitan belajar ,asesmen
dilakukan untuk lima keperluan yaitu
- Penyaringan
- . Pengalihtanganan
- . Klasifikasi
- . Perencanaan pembelajaran
- . Pemantauan anak belajar
Urutan pelaksanaan identifikasi dan
asesmen :
- . Dilakukan evaluasi singkat yang informal
- . Dari hasil evaluasi anak di alihtangankan ke seorang ahli,dokter atau psikolog.
- . Dari hasil pemeriksaan anak diklasifikasikan untuk menentukan apakah mereka memerlukan layanan khusus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar