Selasa, 22 Oktober 2013

Arti Kesulitan Belajar


APAKAH YANG DIMAKSUD DENGAN KESULITAN BELAJAR??




kesulitan belajar merupakan  suatu konsep multidisipliner yang digunakan di lapangan ilmu pendidikan, psikologi , maupun ilmu kedokteran .  
Definisi kesulitan belajar pertama kali dikemukakan oleh The United States Office of Education ( USOE) pada tahun 1977 yang dikenal dengan Public Law 94-142 yang hampir identik dengan definisi yang dikemukakan oleh The National Advisory Committee on Handicapped Children pada tahun 1967. Yaitu,
 kesulitan belajar khusus adalah suatu gangguan dalam satu atau lebih dari proses psikologi dasar yang mencakup pemahaman dan penggunaan bahasa ujaran atau tulisan.. Gangguan tersebut menampakkan diri dalam bentuk kesulitan mendengarkan ,berpikir , bicara , membaca, menulis, mengeja atau berhitung. Batasan tersebut mencakup kondisi-kondisi seperti gangguan perceptual, luka pada otak, disleksia, dan afasia perkembangan. Batasan tersebut tidak mencakup anak yang memiliki problema belajar utamanya berasal dari adanya hambatan penglihatan, pendengaran, atau motorik, hambatan karena tunagrahita, ,gangguan emosional, atau ekonomi
Menurut The National Joint Committee for learning Disabilities kesulitan belajar menunjuk paada ssekelompok kesulitan yang dimanifestasikan dalam bentuk kesulitan yang nyata dalam kemahiran dan penggunaan kemampuan mendengar, bercakap-cakap , membaca , menulis, menalar, atau dalam studi matematika. Gangguan tersebut intrinsik dan diduga disebabkan oleh adanya  disfungsi system saraf pusat.
 Meskipun suatu kesulitan belajar maungkin terjadi bersamaan dengan adanya kondisi lain yang mengganggu (misalnya gangguan sensoris ,tunagrahita, hambatan social dan emosional) atau berbagai pengaruh lingkungan (msal,perbedaan budaya , pembelajaran yang tidak tepat, Faktor –faktor psikogenetik).berbagi hambatan  tersebut bukan penyebab dan pengaruh langsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar