Prevalensi

BAGAIMANA PREVALENSI ANAK BERKESULITAN BELAJAR??




Prevalensi anak kesulitan belajar

Perkiraan prevalensi anak berkesulitan belajar sangat  bervariasi ,dari yang rendah 1%  sampai yang tertinggi 30% . hal ini dapat dimaklumi ,mengingat definisi kesulitan belajar  sendiri yang sangat luas dan sering membingungkan. Selama bertahun tahun, pemerintah federal Amerika Serikat memperkirakan bahwa antara 2-3% jumlah anak usia sekolah termasuk berkesulitan belajar  (Hallahan dan Kauffman, 1986).

Tetapi pada akhir tahun 1970 an  dan 1980 an  terjadi peningkatan lur biasa pada jumlah anak yang teridentifikasi sebagai anak yang berkesulitan belajar . angka prevalensi tersebut meningkat hingga dua kali lipat dari angka yang dilaporkan pada tahun 1976.

Para pakar pendidikan luar biasa masih mempermasalahkan peningkatan jumlah yang begitu besar tersebut. Ada yang berpendapat bahwa semakin banyaknya anak yang teridentifikasi berkesulitan belajr ini benar, namun ada juga yang menganggap ini menunjukan lemahnyya proses diagnose yang dipakai  (Algozzine dan Yseldike , 1983)

Pemerintah Amerika Serikat sendiri tela menyatakan bahwa jumlah anak berkesulitan belajar memang jauh lebih besar dari seharusnya. Masalah anak berkesulitan belajar sekarang terpusat pada siapa yang teridentifikasi  dan siapa yang tidak,dan jika hal ini berlanjut , perhatian dan dukungan terhadap layanan khusus bagi anak berkesulitan belajar dapat berkurang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar